Thursday, March 11, 2010

Pengaruh FACEBOOK

Saat ini, siapa yang tidak pernah mendengar kata facebook? Gejolak candu facebook benar-benar terasa di dunia. Bisa dikatakan populartas facebook pada masa ini sedang mengalami puncaknya. Dengan popularitasnya tersebut, selain berguna untuk pencarian teman, facebook kerap kali juga dijadikan sarana marketing, pengumuman acara, undangan dan lain sebagainya. Bahkan ketenaran facebook juga dimanfaatkan oleh beberapa partai politik sebagai sarana kampanye.


Banyak pengguna facebook yang tergila-gila karena sejuta keunggulan yang dimiliki facebook. Dengan sejuta keunggulan tersebut, pengguna bisa meminimalisir kemungkinan ketertinggalan informasi dari teman-temannya.

Pengaruh facebook pada kehidupan sosial masyarakat sangatlah besar, kita bisa mengenal berbagai teman dari berbagai tempat di pelosok dunia. Seperti pengalaman pribadi saya yang mendapatkan teman dari Pontianak, kemudian saat kita berlanjut ke hubungan via telepon, saya terkejut bahkan senang, karena baru saat itu pertama kali saya bicara dengan seseorang yang memakai logat dan bahasa melayu. Kisah seperti ini jelas Anda semua juga pernah mengalaminya.

Pertemanan yang terus berkembang tersebut menjadikan kita lebih mengerti arti perbedaan. Saat kita berada di dunia facebook, perbedaan tersebut dihilangkan dan disatukan dengan bahasa Indonesia maupun bahasa internasional. Banyak orang yang mengklaim bahwa facebook bisa membuat seseorang kecanduan, facebook itu tempat orang meluapkan kebohongan, tempat menghabiskan uang, pokoknya facebook itu sudah dianggap seperti virus dan bahkan ada fatwah yang sampai mengharamkan facebook, tetapi untuk statement satu ini ada baiknya tidak perlu kita bahas, karena pasti akan menimbulkan pro dan kontra.

Bukan hanya itu dalam masyarakat sosial, Facebook ramai-ramai mulai banyak dikecam gara-gara mulai dirasakannya dampak negatifnya oleh beberapa kalangan, mulai dari perubahan pola kerja di sebuah kantor, krisis rumah tangga bahkan diisukan menjadi salah satu sumber dana perang Israel ke Palestina dan lain sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri, social network yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg ini memang menyenangkan untuk digunakan. Tetapi apapun itu, pengaruh facebook jangan sampai menghambat produktivitas kita dalam kegiatan sehari hari. Misalnya jika Anda seorang karyawan, jangan sampai Anda rela bolos ataupun menunda pekerjaan demi melihat account facebook Anda atau hanya ingin melihat temen temen Anda yang online hari ini. Kita harus pandai pandai mengatur waktu kapan saat yang tepat untuk melihat account facebook dan waktu yang tepat adalah jelas bukan pada kantor.

Maka dari itu sikapilah semua teknologi ini dengan pemikiran yang positif, dengan begitu Anda akan lebih mengerti cara penggunaan teknologi internet seperti facebook dengan benar dan semestinya. Agar social network yang semestinya berfungsi memperluas tali pertemanan, tidak berubah menjadi pemicu permasalahan. (kris)

1 comment:

  1. Yup, Facebook berdampak positif ataupun negatif, tergantung dari cara kita menyikapinya..artikel yang menarik bro

    ReplyDelete